Advertisement
,

Dana Pemeliharaan Situ dari BBWSC3 di Soal Para Aktivis Banten, KBB: Kami siapkan Laporan Resmi!

Sabtu, 14 September 2024, September 14, 2024 WIT Last Updated 2024-09-15T05:21:06Z



Lebak,//Gemabanten.com - Sejumlah Aktivis propinsi Banten lakukan investigasi ke Situ wilayah kabupaten Lebak. Situ yang dijadikan sampling ialah Situ Cilembun, Situ Cikuda, Situ Cijoro dan Situ Palayangan. Ke empat Situ tersebut dipantau hanya melakukan aktivitas pengecetan dan ada Situ yang sama sekali tidak dipelihara seolah tak terawat.

 Minggu 15-september-2024


Agus dan Ahmad dari Aktivis Komunitas Banten Bersih melakukan sidak dan wawancara kepada salah satu pekerja di Situ Cikuda dalam wawancara nya pihak pekerja tidak pernah tahu anggaran yang sesungguhnya. 


Diketahui bersama Anggaran Pemeliharaan Situ tahun 2024 tercatat cukup untuk melakukan pemeliharaan yang sesuai. Situ Palayangan tercatat 422 Juta Rupiah selama se tahun, Situ Cijoro tercatat Rp. 54.670.000, Situ Cikuda tercatat Rp. 42.722.000 dan Situ Cilembun tercatat 62.166.000. 


Agus menjelaskan bahwa penggunaan Dana tersebut mestinya bisa membuat Situ terpelihara dengan baik.


"Ini diluar ekspektasi Saya, ke empat Situ yang jadi sampling Kami hanya dipelihara 10 persen dari Dana yang disediakan APBN. Miris sekali, Pemerintah sudah menganggarkan ada dugaan oknum yang lakukan pemotongan atau tidak mendistribusikan anggaran yang sudah terpampang di LPSE. Kami dengan seluruh jaringan pengurus akan lakukan pelaporan kepada APH!" Tegas Ketua Komunitas Banten Bersih di sela sela Investigasinya.


Sementara itu Zaeni Aktivis Ikatan Sarjana Banten di Serang menyampaikan informasi kepada awak media soal Data lengkap yang didapatkan dari Tim untuk segera digelar Investigasi lanjutan di wilayah Kabupaten Serang.


"Semua Data Lengkap, Saya yang suplai Data utuh Kepada para Aktivis, untuk mendapatkan sejumlah informasi yang sesuai dengan pagu anggaran yang telah ditetapkan. BBWSC3 melalui OP 2 harus mempertanggungjawabkan perihal ini jika semua tidak sesuai dengan Pagu Anggaran." Ungkap Ketua Ikatan Sarjana Banten DPD Kabupaten Serang tersebut.


Salah satu Pentolan Aktivis Banten yang menaungi lembaga dalam Forum Warga Bersatu Banten saat dikonfirmasi tak bisa menghalangi niat para aktivis melakukan upaya pelurusan Informasi apalagi berkaitan dengan Anggaran Rakyat.


"Semua punya cara untuk melakukan Kritik dan pelurusan, apalagi jika memang benar mereka miliki data Valid. Ini soal Dana Rakyat yang wajib direalisasikan demi kepentingan publik secara menyeluruh. Namun, sebaliknya jika memang ingin mendapatkan informasi yang berimbang maka Saya sarankan kawan-kawan lakukan upaya Tabayun terlebih dahulu. Jika Rasional mohon diterima dan disampaikan lagi ke publik agar tidak menjadi Fitnah namun jika tak sesuai Saya sebagai Presidium di Forum tak bisa menghalangi mereka untuk melakukan Aksi dan Pelaporan!" Papar Arwan Presidium Forum Warga Bersatu Banten.





Ahmad Khotib

Iklan